Antagonisme Antar Bakteri

Dalam suatu lingkungan yang kompleks yang berisi berbagai macam organisme. Aktivitas metabolisme suatu organisme akan berpengaruh terhadap lingkungannya. Mikroorganisme seperti halnya organisme lain yang berada dalam lingkungan yang kompleks senantiasa berhubungan baik dengan pengaruh faktor biotik dan faktor biotik. Sedikit sekali suatu mikroorganisme yang hidup di alam mampu hidup secara individual. Hubungan mikroorganisme dapat terjadi baik dengan sesama mikroorganisme, hewan ataupun dengan tumbuhan. Hubungan ini membentuk suatu pola interaksi yang spesifik yang dikenal dengan simbiosis ( Kusnadi, 2003)

Interaksi antar mikroorganisme yang menempati suatu habitat yang sama akan memberikan pengaruh positif, saling menguntungkan dan pengaruh negatif, saling merugikan dan netral, tidak ada pengaruh yang berarti (Kusnadi, 2003). Beberapa macam hubungan antar spesies bakteri di alam antara lain komensalisme, mutualisme serta antagonisme atau amensalisme. Komensalisme merupakan suatu interaksi antara mikroorganisme dengan organisme lain dimana satu jenis dapat diuntungkan namun jenis lain tidak dirugikan. Sedangkan interaksi antar mikroorganisme yang dapat saling menguntungkan disebut dengan simbiosis mutualisme dan hubungan mikroorganisme yang dengan organisme lain yang saling menekan pertumbuhannya disebut dengan antagonisme (Kusnadi, 2003). Anonim (tanpa tahun) menjelaskan bahwa pada antagonisme ini spesies yang satu menghasilkan suatu zat yang dapat meracuni spesies yang lain sehingga terhambat pertumbuhannya

Antagonisme dapat terjadi antara mikroba ada yang bersifat menguntungkan dan mikroba yang bersifat patogen.(Sumarsih, tanpa tahun). Suryadi, (tanpa tahun) menyebutkan bahwa mikroba antagonis merupakan suatu jasad renik yang dapat menekan, menghambat dan memusnahkan mikroba lainnya. Mikroba antagonis ini dapat berupa bakteri, jamur atau cendawan, actinomycetes atau virus. Mikroba yang bermanfaat juga termasuk mikroba antagonis yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan aktif biopestisida untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman. Kusnadi, dkk (2003) juga menjelaskan bahwa hubungan mikroorganisme dengan organisme lain yang saling menekan pertumbuhannya disebut antagonisme. Bentuk interaksi ini merupakan hubungan asosial. Biasanya spesies yang satu menghasilkan suatu senyawa kimia yang dapat meracuni spesies lain yang menyebabkan pertumbuhan spesies lainnya terganggu. Senyawa kimia yang dihasilkan dapat berupa sekret atau metabolit sekunder. Bentuk lain dari interaksi antagonisme di alam dapat berupa kompetisi, parasitisme, amensalisme dan predasai. Biasanya bentuk interaksi ini muncul karena ada beberapa jenis mikroorganisme yang menempati ruang dan waktu yang sama, sehingga mereka harus memperebutkan nutrisi untuk tetap dapat tumbuh dan berkembangbiak. Akhirnya dari interaksi semacam ini memberikan efek beberapa mikroorganisme tumbuh dengan optimal sementara organisme yang lainnya tertekan pertumbuhannya.

Jumlah populasi mikroorganisme dalam suatu komunitas agar dapat mencapai jumlah yang optimal, maka mikroorganisme berinteraksi dan mempengaruhi organisme yang lainnya. Mikroorganisme harus berkompetisi dengan organisme lain dalam memperoleh nutrisi dari lingkungannya sehingga dapat terus lulus hidup dan dapat berkembangbiak dengan sukses (Kusnadi, 2003).

DAFTAR RUJUKAN

Anonim, tanpa tahun. Mikroba Antagonis Sebagai Agen Hayati Pengendali Penyakit Tanaman. (online) http://www.segunung@indoway.net. Diakses pada tanggal 26 April 2008.
Kusnadi, dkk. 2003. Mikrobiologi. Bandung: JICA
Sumarsih, sri. Tanpa tahun. Biopestisida Mikroba. (online) diakses pada tanggal 26 April 2008. http://library.usu.ac.id/download/fp/fp-sumarsih.pdf
Suryadi , Yadi dan M. Machmud M. Tanpa tahun. Seleksi dan Karakterisasi Mikroba Antagonis. Online. (http://www.pustaka-deptan.go.id/publikasi/wr262044. pdfhttp:/ /www.pustaka-deptan.go.id/publikasi/wr262044.pdf diakses pada tanggal 26 April 2008. )

3 thoughts on “Antagonisme Antar Bakteri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s