Tag Archive | kirana

kirana 9 bulan: belum tumbuh gigi, yeayyy!!! *ehh

kirana uda 9 bulan tapi giginya belum muncul-muncul juga. udah sejak beebrapa bulan yang lalu uda muncul putih-putih di gusi bawah depan sihhh..tapi sampai hari ini masih betah aja itu gigi ngumpet di dalam gusi. aduhaduhaduh. padahal kirana uda doyan banget ngunyah-ngunyah, sampai puting pun dikunyah. maemnya juga udah mulai kasar, kalo dikasi biskuit atau makanan yang padat lainnya juga uda sempurna ngunyahnya, tapi kenapa itu gigi masih betah aja sembunyi ya??

kalo masalah ngomong, kirana ini termasuk yang agak lambat kayaknya. sampai umur sekian ini ngomongnya masih belum jelas, sukanya masih teriak-teriak. tapi kalo dalam hal motorik kasar, emang patut diacungi 4 JEMPOL. Merangkaknya uda cepet banget, berdiri juga mulai kuat walaupun masih pegangan tangan 1, kalau dipanggil dari jauh uda mulai respon dengan merangkak ke arah yang manggil, sukanya ngikutin ayah atau ibuknya jalan-jalan di dalam rumah, masih nggak suka sama boneka, udah nggak bisa diem kecuali kalo lagi ngantuk, boboknya mulai teratur, masih nggak terlalu suka digendong dan masih suka banget kalo diajak jalan-jalan keluar.

beberapa hari ini kirana agak susah maem, kecuali kalo lagi ada orang maem dia pasti ikutan mangap-mangap, kalo maem kue-kue juga mau. akhirnya, disiasatin nyuapinnya gak pake sendok tapi pake tangan langsung, dan BERHASIL!! Horeee… Maemnya jadi lahap lagi. seporsi bisa habis walaupun masih butuh waktu lama. menunya juga udah mulai menu orang rumah, sayur bayem, soto, otak sapi, telur rebus, dll. sekarang rencana mau nyoba menu ikan laut. hmmm….nyummy pastinyah..

mandinya sekarang udah nggak di kasur lagi kalo nyabunin tapi uda di kamar mandi, belum keturutan ngajak renang sih yaa sampai sekarang ini, tambah seneng aja kirana sama rutinitas mandinya, tapi berhubung uda mulai kecipak-kecipak di air jadinya bajunya yang mandiin ikut basah kuyup semua. gantiin bajunya tambah lama tambah susah, pasti ngajak kucing-kucingan terus. kalau nyuci bajunya kirana sekarang jadi double power soalnya kotoorrr banget karna habis dipake ngepel lantai ngesot sana sini.   dua minggu yang lalu kirana ditinggal ayahnya camping LDK OSIS, dan seperti biasanya, pasti susah tidur kalo gak ketemu ayahnya. alhasil si emaknya jadi kurang tidur. etapi, pas ayahnya datang malah gak mau main sama ayahnya, nangis-nangis mulu nyariin emaknya. duilehh ni anak cewek ngefans banget ama si emak. apalagi kalo emaknya lagi dandan mau berangkat kerja, kirana pasti ikut nimbrung, ikut liatin kaca, narik-narik baju, pegang-pegang bros, dan satu ini yang paling gak suka: nyakarin bibir sampai lipstik habis dan ganti tangannya kirana yang merah-merah semua. duhhhh…

sembilan bulan berarti waktunya imunisasi campak. bikin demam nggak sih? semoga enggak yaaa. ehhh…9 bulannya kirana ini bareng sama ultah ke 27nya ayah lho. Happy birthday ayah!

Advertisements

kirana: Alhamdulillah delapan bulan

Hari ini genap 8 bulan kamu hadir dalam kehidupan ayah dan ibu anakku sayang. cium dulu ahhh *mmmmuaaachhhh
Di hari ulang bulan ini gak seperti biasanya kirana agak rewel, bangun pagi langsung nangis, dinenenin diem tapi begitu dilepas langsung nangis lagi. padahal nen nya cuma diemut aja gak dikenyot. duhhhh…. Begitu berhasil lepas nen langsung dimandiin sama ayah trus sarapan pagi. dan ini hari pertama kirana maem nasi tim, pake kaldu daging, wortel dan tempe. tapi dan tapi…setelah dimasakin susah2, yang masuk ke mulutnya kirana cuma seupriiiiiittttt. adduuhhhh jadi bete dehh pagi-pagi. Udah hampir seminggu ini kirana susyah maem, tiap kali ada makanan masuk mulut cuma diemut aja tapi gak ditelen. dikasih pepaya juga diemut, biskuit juga diemut, cuma nyesepin jeruk aja yang dia doyan banget. disuapin bubur juga diemut, kirain karna buburnya terlalu lembek, ehhh dibikinin nasi tim juga diemut aja. arrrgghhhh… frustasi dehh rasanya. bingung mau dimaemin apa lagi.

tapi by the way bus way, umur 8 bulan ini kirana uda bisa berdiri pake 1 tangan aja yang pegangan, walaupun masih enjut-enjutan siiyy. kadang-kadang dia suka lupa gak pegangan trus bruukkk jatuh lagi. sekarang juga uda merangkak di lantai, walaupun selametan turun tanahnya masih hari sabtu besok. merangkaknya uda cepet banget. paling suka itu merangkak sambil ngejar2 semut. masih gak suka sama boneka, udah gak terlalu tertarik sama tali dan sejenisnya. sukanya ngemut2 sendok. kalau mimik dari gelas maunya mimik sendiri, trus habis itu air sisanya diciprat2in kemana2. masih suka emut2 jari. belum fasehh ngomong, bisanya cuma teriak2, kadang2 aja muncul kosakata aaa..yaahh… tapi itu belum tentu seminggu sekali. sekarang ceboknya uda di kamar mandi, tapi ya gitu selalu nyiprat kemana2. kalo digantiin baju kayak ngajak aerobik, bikin kringetaann, uda gak betah duduk di kasur atau troli, lebih suka duduk di lantai.

kirana sekarang bubuknya udah mulai teratur, walaupun kalo malam masih sering bangun untuk nen. tapi kalo siang jarang banget bisa bubuk nyenyak, kecuali kalo ditungguin sama si “nen” yang selalu siap mancep kalo dia kebangun. jadi kalo dikelonin sama ibuknya, kirana bisa betah bubuk berjam-jam walaupun siang. tapi maemnya ini niiiihh yang masih bikin snewen sampai sekarang. apa perlu dikasih garam aja yaa, sapa tau maemnya bisa agak banyak. kalo susah maem gini jadi parno mau nimbangin kirana, padahal seminggu kemarin udah bahagian banget BBnya naik 2 ons. sekarang ini lagi butuh ilmu baru supaya kirana doyan maem lagi kayak dulu.
mohon doanya yaaa….

Kamis, 5 September 2013

kirana: 7 bulan yang menakjubkan

tidak terasa 7 bulan sudah kamu menghirup udara dunia yang indah meski kadang menyesakkan ini, nak… Banyak hal-hal menakjubkan yang kamu berikan yang seringkali mengejutkan. akhirnya kita sudah melewati lebih dari sebulan masa-masa MPASI, masa-masa yang cukup menguras energy karena ibumu ini harus bangun lebih pagi, belajar lebih banyak tentang aneka ragam menu, dan membangun kesabaran lebih tebal untuk menghadapi tingkah polah makanmu.

Menu MPASI 7 bulan ini sepertinya harus mulai dianekaragamkan, karena dengan menu yang sama untuk beberapa hari, kamu sudah mulai tutup mulut. bubur beras merah bayam atau bubur beras merah wortel sudah berhasil membuatmu bungkam. akhirnya wortel dan bayam harus dimix biar kamu mau buka mulut. bubur beras merah jagung manis juga sudah mulai bosan, sepertinya harus dimix juga. tapi kalau buburnya diberi kaldu daging, dengan sayur apapun kamu pasti lahap. nyyaammmm… BAiklah nak…ibumu ini akan belajar lebih banyak, browsing2 lagi menemukan resep-resep baru yang semoga bias membuat kamu lebih lahap makan.

satu lagi, sampai umur 7 bulan ini berat badan kirana gak naik-naik. duhhhh…pusing juga ini emaknya. sudah 7 bulan tapi BBnya belum beranjak dari angka 7kg. kapankah beratmu bertambah anakku sayang?? padahal maemnya mau, nenennya juga banyak tapi kok tetep aja gak tambah-tambah yaa?? tapi sihh, aktivitasnya kirana ini memang luar biasa, kalau gak sedang tidur, nih anak gak akan bias diem. kadang-kadang pengen sih liat kirana diem walaupun cuma 5 menit, tapi ternyata gak bias. aduhhh… Tapi ya disyukuri lah, berarti anakku ini memang aktif sekali. bahkan umur 7 bulan ini dia sudah mulai belajar berdiri. wihh…tetangga2, sodara2 saja sampai gak percaya kalo kirana sudah berdiri, semoga segera bias berjalan ya sayang….