Penyakit yang Disebabkan oleh Jamur

Jamur merupakan salah satu mikroorganisme penyebab penyakit pada manusia. Penyakit yang disebabkan jamur pada manusia disebut mikosis, yaitu mikosis superficial dan mikosis sistemik. Mikosis superfisial merupakan mikosis yang menyerang kulit, kuku, dan rambut terutama disebabkan oleh 3 genera jamur, yaitu Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Sedangkan mikosis sistemik merupakan mikosis yang menyerang alat-alat dalam, seperti jaringan sub-cutan, paru-paru, ginjal, jantung, mukosa mulut, usus, dan vagina.

Beberapa jenis mikosis superfisial antara lain sebagai berikut.
Tinea capitis
Merupakan infeksi jamur yang menyerang stratum corneum kulit kepala dan rambut kepala, yang disebabkan oleh jamur Mycrosporum dan Trichophyton. Gejalnya adalah rambut yang terkena tampak kusam, mudah patah dan tinggal rambut yang pendek-pendek pada daerah yang botak. Pada infeksi yang berat dapat menyebabkan edematous dan bernanah.

Tinea favosa
Merupakan infeksi pada kulit kepala, kulit badan yang tidak berambut dan kuku. Penyebabnya adalah Trichophyton schoenleinii. Gejalnya berupa bintik-bintik putih pada kulit kepala kemudian membesar membentuk kerak yang berwarna kuning kotor. Kerak ini sangat lengket daln bila diangkat akan meninggalkan luka basah atau bernanah.

Tinea barbae
Merupakan infeksi jamur yang menyerang daerah yang berjanggut dan kulit leher, rambut dan folikel rambut. Penyebabnya adalah Trichophyton mentagrophytes, Trichophyton violaceum, Microsporum cranis.

Dermatophytosis (Tinea pedis, Athele foot)
Merupakan infeksi jamur superfisial yang kronis mengenai kulit terutama kulit di sela-sela jari kaki. Dalam kondisi berat dapat bernanah. Penyebabnya adalah Trichophyton sp.

Tinea cruris
Merupakan infeksi mikosis superfisial yang mengenai paha bagian atas sebelah dalam. Pada kasus yang berat dapat pula mengenai kulit sekitarnya. Penyebabnya adalah Epidermophyton floccosum atau Trichophyton sp.

Tinea versicolor (panu)
Merupakan mikosis superfisial dengan gejala berupa bercak putih kekuning-kuningan disertai rasa gatal, biasanya pada kulit dada, bahu punggung, axilla, leher dan perut bagian atas. Penyebabnya adalah Malassezia furtur.

malassezia furfur

malassezia furfur



Tinea circinata (Tinea corporis)
Merupakan mikosis superfisial berbentuk bulat-bulat (cincin) dimana terjadinya jaringan granulamatous, pengelupasan lesi kulit disertai rasa gatal. Gejalanya bermula berupa papula kemerahan yang melebar.

Otomycosis (Mryngomycosis)
Merupakan mikosis superfisial yang menyerang lubang telinga dan kulit di sekitarnya yang menimbulkan rasa gatal dan sakit. Bila ada infeksi sekunder akan menjadi bernanah. Penyebabnya adalah Epidermophyton floccosum dan Trichophyton sp.

Beberapa jenis mikosis sistemik antara lain sebagai berikut.
Nocardiosis
Merupakan mikosisi yang menyerang jaringan subkutan, yakni terjadi pembengkakan jaringan yang terkena dan terjadinya lubang-lubang yang mengeluarkan nanah dan jamurnya berupa granula. Penyebabnya adalah Nocardia asteroides.

Candidiasis
Merupakan mikosis yang menyerang kulit, kuku atau organ tubuh seperti hantung dan paru-paru, selaput lendir dan juga vagina. Infeksi ini terjadi karena faktor predisposisi, misalnya diabetes, AIDS, daerah kulit yang lembab dan obesitas. Penyebabnya adalah Candida albicans.

Actinomycosis
Merupakan mikosis yang ditandai dengan adanya jaringan granulomatous, bernanah disertai dengan terjadinya abses dan fistula. Penyebabnya adalah Actinomyces bovis.

Maduromycosis (Madura foot)
Merupakan mikosis pada kaki yang ditandai dengan terjadinya massa granulomatous yang biasanya meluas ke jaringan lunak dan tulang kaki. Gejalanya dimulai dengan adanya lesi pada tapak kaki bagian belakang, timbul massa granulomatous dan abses yang kemudian terjadi sinus-sinus yang mengeluarkan nanah dan granula. Penyebabnya adalah Allescheris boydii, Cephalosporium falciforme, Madurella mycetomi, dan Madurella grisea

Coccidioidomycosis
Merupakan mikosis yang mengenai paru-paru yang disebabkan oleh Coccidioides immitis. Gejalnya mirip dengan pneumonia yang lain, berupa batuk dengan atau tanpa sputum yang biasanya disertai dengan pleuritis,

Sporotrichosis
Merupakan mikosis yang bersifat granulomatous menimbulkan terjadinya benjolan gumma, ulcus dan abses yang biasanya mengenai juga kulit dan kelenjar lympha superfisial. Penyebabnya adalah Sporotrichum schenckii. Gejala awalnya berupa benjolan (nodul) di bawah kulit kemudian membesar, merah, meradang, mengalami nekrosis kemudian terbentuk ulcus. Nodul yang sama terjadi sepanjang jaringan lympha.

Blastomycosis
Merupakan mikosis yang menyerang kulit, paru-paru, viscera, tulang dan sistem saraf. Penyebabnya adalah Blastomyces dermatitidis dan Blastomyces brasieliensis. Blastomycosis kulit gejalanya brupa papula atau pustula yang berkembang menjadi ulcus kronis dengan jaringan granulasi pada alasnya. Kulit yang sering terkena adalah wajah, leher, lengan dan kaki. Bila menyerang organ dalam, gejalanya mirip tuberculosis.

post by: Mawar Pratiwi

About these ads

24 thoughts on “Penyakit yang Disebabkan oleh Jamur

  1. thanks informasi tentang penyakit kulit…
    saya ingin tahu apakah ada jumlah penderita penyakit kulit yang disebabkan jamur secara glboal di indonesia…

  2. sya penderita Otitis Media Supurativa Kronis (OMSK),kata dokter yang menyebabakn keluarnya cairan pada telinga saya adalah jamur,saya mau tanya,penyebab jamur tersebut tumbuh karena apa?
    apa saja yang harus saya lakukan agar jamur tersebut bisa hilang?

  3. trimakasih atas informasinya tentang penyakit kulit. saya tidak susah untuk mencari di buku.anak saya kepala ada ketombenya tapi ketombenya jenisnya seperti kerak.apa ada solusinya?

  4. mbak mau tanya,,
    leher saya, bagian sebelah kanan, antara dibawah tulang pipi dan dada, itu merah bentol memanjang dan perih.kira2 penyebabnya apa dan bagaimna cara mengatasinya ya mba??
    trims banyak atas infonya.

  5. makasih informasinya ya kakaa :)
    sekalian mau tanya nih,awalnya di kepala aku itu adal buletan kecil warna putih dan kadang” rasa gatel banget. tapi makin kesini buletan itu makin besar sampai hampir keseluruh kepala. trus karena penyakit itu rambut saya jadi sering rontok dan di beberapa bagian terlihat agak botak.
    kira-kira itu penyakit apa ya?dan gimana cara mengatasinya?
    makasih sebelumnya :D

  6. iya mba..mksh infonya..ak brmlsh dikulit kpla ni tmbul berkerak kotor trus ngleuarin cariran berbau kya nanah sampai2 gimbel dirambut..ntu trmsk pnykit apa ya,,bau amis2 gitu

  7. Pingback: Dampak Pakaiaan Ketat bagi Kesehatan « wiwirahayu19

  8. Hello There. I discovered your blog the usage of msn. That is an extremely well written article. I’ll make sure to bookmark it and return to learn more of your helpful info. Thank you for the post. I’ll definitely comeback.

  9. hallo mba, thx buat infonya ….ada jamur yg sangat mirif menyerang leher suamiku, pd diagnosa pertama para dokter mengira terkena tuberculosis, tp hasil lab menyatakan negatif namun ciri2 di secara penampilan tubuh suamiku seperti terkena TBC karena membuat berat badan suamiku turun drastis nga nafsu makan juga kemudian dokter meminta lagi cek lab untuk dahak dan di indikasikan ada jamur di dahaknya nah hasil lab terakhir ini belum diketahui baru besok…ada yg tau obat yg untuk jamur yg menyerang leher dan paru2 suamiku…kalo ada info tolong di share ya..thx a lot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s